Peternak Kelinci: Cara Beternak Kelinci Hias

28 Dec 2014

Hai sobat kelinci, saya musyrifin Hp: 085779262894 Pin: 7CDA1736, pada postingan kali ini yuk kita bahas tentang cara beternak kelinci hias, nah buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.

cara-beternak-kelinci-hiasPeternak Kelinci. Siapa sih yang ndak takjub kalau lihat kelinci hias yang sangat imut-imut…? kelinci memang memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari keindahan dan kecantikan sampai sifatnya yang sangat aman jika berdekatan dengan anak-anak, hal ini tidak seperti kucing dan unggas yang sangat potensial membawa penyakit, tapi untuk kelinci, hal ini sangat super duper aman.

Seperti yang sering saya sampaikan kepada sobat kelinci, bahwa semua ini butuh ilmu dan kesabaran, untuk bisa memiliki kelinci hias sangat mudah jika sobat kelinci menggunakan makanan kelinci yang jenis matang atau olahan seperti dalam bentuk pelet kelinci, kenapa mudah …? ya karena kemungkinan mencret akan sangat kecil dibandingkan jika sobat kelinci menggunakan rumput liar atau hijauan.Tapi untuk bisa mengembangkan atau memelihara anak kelinci inilah yang kebanyakan mengeluh tidak bisa, karena harus tahu apa yang diinginkan si indukan kelinci.

Lalu gimana neh cara beternak kelinci hias….? ini saya berikan caranya:

Pertama, masalah makanan, saya sangat menyarankan buat sobat kelinci yang mau fokus di bidang kelinci hias untuk menggunakan makanan kelinci dalam bentuk pelet, kenapa….? karena kelinci hias yang dinilai adalah kualitas bulunya. Jika sobat kelinci menggunakan hijauan, kemungkinan akan menurunkan kualitas bulunya karena akan banyak kotoran kelinci yang tertahan di alas kandang. Oke clear yah untuk masalah makanan kelinci.

Kedua, masalah minuman. Saya sering ditanya sama sobat kelinci yang mau melangkah pelihara kelinci “apa kelinci butuh minum…?” saya jawab IYA, kelinci adalah hewan darat, dan ciri khas hewan darat adalah memiliki rasa haus. Jika ada orang yang mengatakan kelinci tidak butuh minum adalah pernyataan yang bersumber dari motos, yang mungkin berawal dari kelinci jika diberikan minum ia akan mencret dan KO. Yang perlu diperhatikan di sini adalah bagaimana kita memberikan kelinci kita minum.

Saya menyarankan sobat kelinci menggunakan botol minum kelinci, hal ini akan menurunkan tingkat tercemarnya air dari kotoran kelinci dan juga rontokan bulu kelinci. Memang saya tidak melarang sobat menggunakan tempat atau wadah terbuka untuk kelinci, namun yang sering saya alami, kaki kelinci sering masuk ke dalam wadah tersebut bahkan sampai ditumpahin.

Oke itu sobat yang bisa saya sampaikan kali ini, nanti kita sambung lagi dah….., karena sebenernya masih buanyak.


TAGS cara ternak kelinci cara beternak kelinci cara membuat kandang kelinci cara ternak kelinci yang baik cara ternak kelinci anggora cara ternak kelinci rex cara ternak kelinci pedaging cara ternak kelinci lokal


-

Follow Me