Peternak Kelinci : Jenis Kelinci Pedaging

26 Dec 2014

Hai sobat kelinci, saya musyrifin Hp: 085779262894 Pin: 7CDA1736, pada postingan kali ini yuk kita bahas tentang jenis kelinci pedaging, nah buat pecinta kelinci sejati, yuk gabung di funpage ternak kelinci buat update info-info terbaru tentang dunia perkelincian.

jenis-kelinci-pedagingPeternak Kelinci. Jika boleh saya bandingkan antara hewan peliharaan kucing dengan kelinci, varian atau pilihan untuk kelinci jauh lebih banyak, bahkan sampai pada kelinci pedaging. Sehingga tidak jarang saya mendapat pertanyaan dari sobat kelinci yang lain, dimana dia mau belajar ternak kelinci pedaging, dan bingung mau ternak yang jenis apa…. hehhehe…. nah makanya yuk kita bahas di sini.

Yang saya fahami, kelinci yang sering dimanfaatin atau diambil dagingnya untuk dikonsumsi ada tiga jenis, masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, silahkan sobat kelinci nanti lihat, kira-kira yang mana yang cocok dengan kebutuhan sobat kelinci di lapangan.

Kelinci Lokal.

Kelinci lokal ini banyak didapatkan dari persilan-persilangan yang sering dilakukan oleh para peternak. Sepertinya sudah menjadi kesepakatan para peternak kelinci sepertinya bahwa kelinci yang ndak jelas jenisnya (karena dihasilkan dari persilangan yang tidak standart menurut ARBA) sering dinamain dengan kelinci lokal, seperti persilangan antara kelinci pedaging rex dengan kelinci hias fuzzy lop atau sesama pedaging tapi beda jenis seperti kelinci rex dengan kelinci new zealaned white.

Kelebihan jenis kelinci lokal ini adalah harga yang murah, nah ini sangat cocok buat sobat kelinci yang mau belajar. Silahkan gunakan jenis kelinci lokal ini. Hal yang kadang-kadang terjadi adalah kelinci jenis lokal ini lebih tahan terhadap cuaca atau makanan hijauan, ini sih menurut sobat kelinci yang pernah ketemu dengan saya.

Sementara kekurangan dari kelinci lokal ini adalah perolehan daging yang tidak optimal, kenapa tidak optimal…? masalah genetik sobat kelinci, memang benar saat sobat kelinci mendapat indukan terlihat padat berisi, tapi anak dari indukan ini tidak 100 persen akan memiliki atau sama kuantitas atau banyaknya daging dengan induknya, hal ini dikarenakan sifat genetik akan dominan atau tidaknya pada individu kelinci yang dihasilkan. Akan sangat berbeda dengan kelinci yang 100 persen dihasilkan dari galur murni, dimana 100 persen kelinci yang dihasilkan akan mewarisi genetik indukan kelinci rex sesuai standart ARBA.

Nah buat sobat kelinci yang mau mendapatkan galur murni dari kelinci rex silahkan masuk sini aja.

Oke dah sobat kelinci saya cukupkan dulu yah, lain waktu kita bahas untuk yang jenis lainnya.


TAGS ternak kelinci pedaging harga kelinci pedaging kelinci pedaging unggul kandang ternak kelinci jenis kelinci pedaging budidaya ternak kelinci ternak kelinci pedaging pdf


-

Follow Me